Senin, 30 Januari 2012

Keamanan Jaringan


salam IT buat para pengunjung blog ane.
Pada postingan kali ini, ane akan mencoba berbagi mengenai keamanan jarngan.

mungkin sebagian besar dari agam semua sudah ada yang tahu, tapi tidak ada salahnya ane berbagi buat kita-kita yang msih baru dalam hal ini.




langsung saja gan.....
Hal yang paling penting diperhatikan dalam keamanan jaringan pada sebuah perusahaan atau organisasi adalah pengendalian acces terhadap resources jaringan.Si penanggung jawab keamanan jaringan bukan sekedar melakukan control terhadap siapa saja yang berhak mengakses jaringan, melainkan melakukan pengontrolan juga terhadap aktivitas subjek denganyang lainnya.

Dalam hal ini tentu saja harus ada interaksi dengan file , program, user, dan yang lainnya.

Prinsip dasar Keamanan Jaringan
Sipenanggung jawab keamanan jaringan harus mapu memastikan bahwa prinsip-prinsip dasar keamanan jaringan tidak terlanggar oleh aktivitas si subjek.


Berikut akan saya bagikan sedikit tentang prinsip-prinsip dasar keamanan jaringan.
  • kerahasiaan : Setiap objek yang terdapat dalam perusahaan tidak bisa diumbar seluruhnya kesemua orang atau subjek yang sama sekali tidak memiliki wewenang atau objek tersebut.
  • Intergritas : Yakni memastikan bahwa setiap objek yang diterima harus terjaga keaslian dan keorisinilannya. Artinya selama proses pengiriman objek dari sumber ke tujuan, objek tersebut tidak mengalami modifikasi.
  • Ketersediaan : setiap user atau subjek kyang memiliki wewenang untuk mengakses objek tertentu harus disediakan kemudahan untuk mengaksesnya hingga tidak terkendala oleh apapun.

Prisnsip dasar keamanan jaringan dikenal dengan sebutan SEGITIGA CIA, yakni Confidentiality, Integrity, Availability.



Ancaman keamanan jaringan
Keamanan jarigan yang tidak benar-benar dikelola dengan baiktelah banyak dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Banyak tindakan – tindakan yang dapat mengancam keamanan jaringan yang kita miliki.


Beberapa ancaman yang sering dipakai oleh pembobol keamanan jaringan, diantaranya sebagi berikut
  • Brute Force and Dictionary : Ancaman keamanan jaringan ini adalahancaman yang berasal dari pihak yang memaksa masuk ke dalam jaringan dengan cara membobol database password dengan kamus password dan menyerang prompt login yang sedang aktif
  • Demial Of service (DoS) : Ancaman keamanan jaringan ini menybabkan suatu layanan jaringan tidak bekerja secara maksimal karena pembobol telah memasukkan data yang sangat besar ke server jaringan. Dengan demikian server tidak bisa memproses data yang sangat besar tersebut sehingga jaringan menjadi mampet.
  • Spoofing : Ancaman ini dikenal sebagai sebuah seni penjelmaan. Karena ancaman ini dilakukan dengan cara menjelma menjadi sesuat yang lain. Misal, mengganti IP address yang asli dengan IP address jelmaan untuk maksud dan tujuan negative
  • Man-in-the-middle : Ancaman ini lebih dikenal dengan sebutan serangan pembajakan.Ancaman ini dilakukan dengan cara memposisikan user perusak di antara dua titik link komunikasi.
  • Spamming : Ancaman ini mungkin paling sering kita alami. Spamming umumnya menyerang jaringan dengan cara mengirimkan e-mail yang tak di undang kepada pemilik account e-mail. Email spam yang dikirimkan biasanya berupa iklan suatu vendor atau bahkan virus kuda Trojan.
  • Sniffer: Ancaman ini merupakan suatu kegiatan user perusak yang ingin mendapatkan informasi tentang jaringan yang dimasukinya.Serangan ini biasanya difokuskan untuk menyerang tahapan awal koneksi antara server dengan client. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan password atau yang lainnya.
  • Hacker : Ancaman ini merupakan user perusak yagn merasa bangga dengan kemampuan membobol keamanan jaringan yang dimilikinya. User perusak ini dinamakan hacker. Beberapa tindakan yang biasanya dilakukan oleh hacker ini diantaranya merusak system computer, mencuri data, dan lain sebagainya
semoga thread kali ini bermanfaat bagi kita semua.




terima kasih telah mengunjungi blog saya


6 komentar:

pekerja mengatakan...

makasih jang atas infonya...
blog u makin keren aja,,,
kasi lah kisi kisinya...

nehemia mengatakan...

hahahahahah
blog pake kisi2
ada2 z gan..
ane msh newbie gan
btuh bnyk bljar dari agan2

pekerja mengatakan...

eh,, ini komen ga keliatan,, ubah lah warna fontnya... masa harus di blog dulu baru keliatan...
hahaha

nehemia mengatakan...

hahahaha..
agan kali yg kga bsa liat....
bktinya kmia bsa gan....
hehehehehehe

Unknown mengatakan...

gan sangat bermanfaat nie... thank's!!!

nehemia mengatakan...

tengkiu gan....
sering2 mampir ya gan...
:)

Posting Komentar